Konsep Kebidanan - Pengambilan Keputusan Klinik
Dalam rangka mendukung visi Indonesia Sehat 2010 Departemen Kesehatan memiliki sejumlah misi, antara lain : mengasuh dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungannya, mengasuh dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, terjangkau, serta mendorong kemandirian masyarakat. Untuk itu perlu adanya kerjasama lintas program maupun lintas sektoral dalam mewujudkan tujuan diatas dibandingkan dengan kiat pandang dan kecerdikan bidang kesehatan.
Salah satu unggulan dalam Indonesia Sehat 2010 merupakan upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) baru lahir, yang perlu penyesuaian dan dijabarkan dalam sejumlah pekerjaan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi baru berlahiran dalam pelayanan kebidanan. Dalam hal ini pelayanan kebidanan merupakanbagian integral dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh tenaga bidan difokuskan pada pelayanan kesehatan perempuan pada siklus reproduksi, bayi baru berlahiran dan balita.
Bidan sebagai salah satu tenaga utama dalam percepatan penurunan AKI & AKB baru lahir, dituntut untuk mengantisipasi perubahan tersebut, sehingga pelayanan yang di berikan lebih bermutu, optimal dan mencapai tujuan yang diharapkan.
Seiring perkembangan dunia medis yang sedemikian pesatnya, maka pelayanan kebidanan dituntut guna dapat mengekor dan pengimbangi perkembangan pelayanan medis dan kesehatan lainnya. Di beberapa besar pelayanan kesehatan yang seharusnya melaksanakan pelayanan dan asuhan kebidanan, masih terbatas pada pelaksanaan “kegiatan-kegiatan” yang belum memenuhi kaidah asuhan secara profesional yang bertanggung gugat. Begitu rumitnya masalah yang dihadapi sehingga sukar menilai titik masuk untuk mengadakan perubahan yang strategis dan bermakna. Kalaupun ada upaya untuk membenahi, pada umumnya masih memiliki sifat insidentil, tidak lumayan terarah, terfagmantasi dan berjangka pendek yang bahkan justeru dapat merugikan perkembangan pelayanan kebidanan itu sendiri.
Pelayanan kebidanan yang bermutu merupakan pelayanan yang menurut keterangan dari standar, dan kode etik bidan serta hubungan interpersonal yang adekuat. Dalam memberikan pelayanan kebidanan yang sesuai dengan standar, bidan menggunakan metoda atau pendekatan manejemen kebidanan.
Manajemen kebidanan merupakan suatu metoda pengaturan, pengorganisasian pikiran dan tindakan dalam urutan yang logis, efektif dan efisien baik guna pasien maupun bidan sebagai petugas kesehatan. Pada saat ini manejemen kebidanan belum diterapkan oleh komunitas bidan yang ada di unit pelayanan kesehatan. Hanya dilaksanakan pada institusi pendidikan.
Pedoman manajemen asuhan kebidanan ini disusun untuk memberikan arahan bagaimana bidan berfikir kritis, analisis dan sistimatis dalam menangani kliennya. Saat memberikan asuhan guna ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru berlahiran serta balita di setiap tatanan pelayanan kesehatan. Sehingga pada saat memberikan pelayanan seorang bidan dapat memberikan tindakan antisipatif, tindakan emergency dan tindakan komprehansif dengan cepat dan tepat. Pada pedoman ini dijelaskan pula bagaimana kiat mendokumentasikan asuhan kebidanan yang sudah dilakukan bidan pada status pasien atau rekam medik.
B. Tujuan
1. Tujuan umum :
Meningkatnya kemampuan bidan untuk berfikir kritis dan bertindak dengan logis, analisis dan sistimatis dalam memberikan asuhan kebidanan ditiap jenjang pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ibu, bayi/anak balita.
2. Tujuan Khusus
a. Sebagai pedoman dalam mengelola klien dengan memberikan asuhan kebidanan yang efektif sesuai kebutuhan klien/masyarakat menurut keterangan dari evidence based.
b. Sebagai pedoman kiat pendokumentasian dari setiap asuhan kebidanan yang di berikan disarana pelayanan kesehatan.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup manejemen asuhan kebidanan di Rumah Sakit dan Puskesmas merangkum : Bagaimana mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan klinis seorang bidan dalam mengelola klien dengan menggunakan proses Manajemen Kebidanan, dan mengembangkan kemampuan bidan dalam mendokumentasikan asuhan kebidanan yang telah dilakukan secara efektif dan efisien. Contoh penerapannya merangkum penerapan manejemen asuhan ibu hamil, asuhan ibu bersalin, asuhan paskasalin, dan asuhan bayi baru lahir.
D. Sasaran
Sasaran dari pedoman manajemen asuhan kebidanan ini merupakan seluruh bidan yang bekerja pada tatanan pelayanan kesehatan, baik di Rumah sakit, Puskesmas, Polindes, Rumah Bersalin, dan Bidan Praktik Swasta (BPS) di seluruh Indonesia.
Sumber
1. Estiwidani, Meilani, Widyasih, Widyastuti, Konsep Kebidanan. Yogyakarta, 2008.
2. Syofyan,Mustika,et all.50 Tahun IBI Bidan Menyongsong Masa Depan Cetakan ke-III Jakarta: PP IBI.2004
3. Depkes RI Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan. Konsep kebidanan,Jakarta.1995
Comments
Post a Comment